Kamis, 15 Mei 2008

PELAJARAN TENTANG MAHA RSI VYASADEVA

MAHA RSI VYASA DEVA (BHAGAVAN BYASA)
LELUHUR YANG MULIA UMAT HINDU


Maha Rsi Vyasa Deva atau Krsna Dvipayana Vyasa putra yang mulia Parasara Muni dengan Satyavati.Menurut tradisi Vaisnava,misi utama beliau adalah untuk membagi satu Veda yang asli menjadi beberapa bagian (Vyasa berarti membagi ) dan menulis teks-tesk tambahan untuk memperjelas pesan-pesan pokoknya:Bhakti kepada Sri Krsna . Tradisi Veda menerangkan kepada kita bahwa sebelum munculnya Vyasadeva ,kurang lebih lima ribu tahun yang lalu ,orang yang dapat menginngat Veda dengan sekali mendengar dan langsung dapat mengerti implikasinya juga. Tapi pada jaman sekarang di sebut Kaliyuga orang-orang menjadi merosot secara spiritual dan ingatan mereka serta umurnya menjadi berkurang . Oleh karena Vyasa turun ke dunia untuk membuat Veda ke dalam bentuk tulisan dan mengeditnya sehingga mudah di pahami oleh orang-orang modern. Beliau mengajarkan ratusan dan ribuan sloka – sloka Sanskrit tanpa berhenti, sedangkan Deva Ganesha menuliskan apa yang di uraikan oleh beliau , Maha Rsi Vyasa Deva di kenal bukan hanya sebagai pembagi Veda ke dalam empat bagian(Reg Veda, Sama Veda,Yayur , Atharva Veda ) tapi juga menyusun banyak purana lainnya termasuk Mahabharata dan Srimad Bhagavatam ,yang merupakan intisari dari semua kesusastraan Veda .Srimad Bhagavatam disusun sewaktu beliau merasa tidak puas setelah Guru spiritualnya mendekati Narada muni,untuk mencari jawabanya .Narada memberitahukan bahwa walaupun dia telah menguraikan tentang keanekaragaman Veda ,Vyasa Deva , telah melupakan sesuatu yang paling esensial yaitu keagungan,rupa ,kualitas dan lila beliau .Sri Krsna sebagai kepribadian Tuhan, beliau langsung menyanyi dan untuk memenuhi kekurangan ini beliau menyusun Srimad Bhagavatam.,yang di anggap sebagai puncak kesusastraan Veda.
Rsi Vyasa Deva telah melaksanakan kewajiban yang paling agung dengan menyusun Veda dalam bentuk tulisan dan memberikan penjelasannya juga,pengetahuan spiritual ini bagaikan sianr matahari yang menerangi jaman ini .konsekvensinya beliau mengajarkan keempat muridnya: Paila untuk Rg Veda, Vaisampayana untuk Yayur Veda,Jaimani untuk Sama Veda,Sumantu untuk Atharva Veda .Beliau juga mengajarkan Itihasa Purana (sejarah) kepada Romaharsana Sura dan Sukadeva Gosvami,putra Vyasa dan orang pertama yang menyampaikan Bhagavatam untuk umum.Sehingga penyembah Tuhan yang setia itu menjadi ahli Veda sesuai dengan bagiannya masing-masing dan mengajarkan pengetahuan itu kepada masing-masing muridnya.Dengan cara ini pengetahuan ini di terima secara turun-tenurun dari Guru kepada murid melalui garis perguruan.
Dari kesusatraan Veda kiya mempelajari kualifikasi Vyasadeva yang sangat menakjubkan.Beliau dikenal dalam Mahabarata dan Purana-Purana sebagai Bhagavan,atau kepribadian yang agung . Dan kadang-kadang juga di sebut sebagai inkarnasi dari Tuhan Narayana . Dalam Bhagavad GIta Sri Krsna bersabda bahwa “Di antara resi beliau adalah Vyasa (10.37) dan arjuna mengakiu Vyasa sebagai otoritas yang merupakan salah satu exspansi Sri Krsna.(10.13).Srila Prabupada menyatakan tentang identitas Vyasadeva bahwa Vyasadeva adalah Tuhan yang merupakan Saktyavesa Avatara,dimana beliau adalah roh yang sudah bebas dan kekal yang di beri kekuatan penuh oleh Tuhan sendiri.Dalah Mahabharata dan Purana-Purana Vyasa disebut sebagai
1. Seorang Rsi atau yang bisa melihat
2. Seorang Rtvij atau Pendeta
3. Seorang Tapasvin atau Pertapa
4. Seorang Yogin atau Mistik yogi
5. Terakhir sebagai seorang Guru
Dalam purana-Purana dan Mahabharata di jelaskan Bhagavan Vyasa memiliki kemampuan untuk melihat masa depan. Dalam Srimad Bhagavatam (1.4.16-33)diuraikan bahwa beliau telah mengetahui jaman Kaliyuga ini , dimana segala sesuatunya mengalami kemerosotan.
Melalui kesusatraan Itihasa PuranaVyasa disebut-sebut sebagai Rtvij atau pendeta. Dalam Mahabharata, Vyasa melasanakan ritual-ritual Veda yang besar seperti Rajasuya yajna dan Asvaneda Yajya yang terlibat sebagai salah satu pendeta.Dalam Mahabharata Vyasa diakui sebagai pertapa telaban . Beliau dapat menunjukan kekuatan mistik yang hebat yang mampu mengetahui masa lalu dan masa yang akan datang –sebagai hasil dari pertapaannya . Beliau mampu muncul dan menghilang seketika, serta dapat memberikan karunia maupun kutukan.
Sebagai Guru yang pertama dari pengetahuan Veda , Vyasadeva dianggap sebagai Guru yang sejati .Menurut Mahabharata beliau dikenal sebagai Guru yang memberikan pengetahuan veda kepada –Paila , Jaimini Vaisampayana, Sumantu , Roomaharsana , Suta Sukadeva Goswami dan banyak Rsi –Rsi yang lainnya juga memanggil beliau sebagai Guru.Vyasa secara tidak langsung merupakan Guru dari kelima Pandawa yang menyebut beliau sebagai penasehat rohani(Mantri priyahitah).sesuai dengan kesimpulan Veda ,Vyasa bertindak sebagai Guru yang sempurna . memberikan istruksi kepada banyak kepribadian yang agung ,yang pernah ada dalam sejarah Veda . Beliaulah yang memunculkan kembali pesan-pesan Bhagavatam kedalam hati sukadrva Gosvami.
Srila Prabupada menyatakan Vyasadeva sebagai Guru spiritual sebagai penghormatan kepada Vyasadeva setiap perayaan hari kelahiran dari seorang guru kerohanian dalamVaisnava di sebut hari Vyasa Puja .Guru yang bonafide adalah merupakan wakil dari Vyasa sendiri sebagai Guru yang sempurna. Sebagai tambahan Vyasadeva dianggap sebagai salah satu dari tujuh Ciranjiwa atau orang yang kekal .Dan menyatakan bahwa sampai sekarang bagi mereka yang memiliki tinggat spiritual tinggi bisa melihat beliau di dalm guanya di Gunung Himalaya.
Di jaman sekarang ini beliau bernama Krsna Dwipayana .Beliau adalah seorang Mahajana.


Tidak ada komentar: