Senin, 26 Oktober 2009

Sri Balarama

Siapakah Sri Balarama?

Kepribadian Tuhan Yang Maha Esa Sri Krishna, adalah sumber dari segala inkarnasi. Sri Balarama adalah penjelmaan kedua Beliau. Mereka adalah satu dan memiliki identitas yang sama. Hanya bentuk mereka saja yang berbeda. Balarama adalah ekspansi pertama dari Tuhan Sri Krishna, dan Beliau melayani Tuhan Sri Krishna dalam kegiatan rohaninya. Beliau adalah sumber dari seluruh dunia rohani dan adalah Adi Guru, yaitu guru kerohanian yang asli.
Beliau mengambil lima bentuk kepribadian untuk melayani Tuhan Sri Krishna. Beliau sendiri membantu lila/kegiatan Tuhan Sri Krishna, dan Beliau melaksanakan penciptaan dengan mengambil empat bentuk yang lain, yaitu yang dikenal dengan Catur Vyuha (berlengan empat), bentuk tersebut dikenal dengan nama Vasudeva, Sankarsana, Pradyumna dan Anirudha. Beliau melaksanakan Perintah Tuhan Sri Krishna dengan melaksanakan penciptaan dan dengan wujud sebagai Tuhan Ananta Sesa, Sri Balaram melayani Tuhan Sri Krishna dalam berbagai cara. Dalam semua wujud Beliau, Sri Balarama merasakan kebahagiaan rohani dalam melayani Tuhan Sri Krishna. Tak seorang pun dapat mendekati Tuhan Sri Krishna tanpa sebelumnya mendapatkan karunia dari Sri Baladeva/Sri Balarama.

Keturunan Dari Sri Balarama

Ketika Sri Krishna muncul di dunia material ini, Beliau muncul lengkap dengan rekan-rekannya dan perlengkapannya yaitu lima ribu tahun yang lalu ketika keturunan Tuhan Sri Krishna muncul di dunia material ini. Kemunculanya itu di dahului oleh Sri Baladeva, hanya karena Sri Baladeva memberikan karunianya menjadi keturunan Tuhan Sri Krishna. Demikianlah hubungan yang sangat intim antara Tuhan Sri Krishna dan Sri Baladeva.
Ketika Baladeva muncul sebagai anak ketujuh dalam kandungan ibu Devaki, dia dapat mengerti bahwa ini adalah anak yang agung dan ini membuat ibu Devaki prihatin dengan keamanannya. Walaupun Raja Kamsa dapat mengetahui kemampuannya dan dia menjadi takut, berpikir mungkin dia di tipu oleh ramalan bahwa dia akan dibunuh hanya oleh putra kedelapan dari ibu Devaki. Pada saat yang sama atas perintah Tuhan Sri Krishna kepada Yogamaya, tenaga dalam Beliau, untuk memindahkan bayi yang belum lahir itu ke dalam kandungan ibu Rohini, salah satu istri dari Vasudeva yang di sembunyikan dari Kamsa di rumah Nanda Maharaja di Gokula.
Dengan cara inilah Sri Balarama muncul di Gokul dibawah perlindungan dari Nanda Maharaja. Garga muni adalah pendeta dari keluarga Yadu, menyampaikan mengenai anaknya. Rohini menangis sesungguhnya beliau adalah istri dari Vasudeva. Pada saat upacara pemberian nama, Garga muni memberikan nama anak itu Rama yang berarti seseorang yang memberikan segala kepuasan. Dijelaskan juga anak itu sangat kuat,Garga muni memprediksikan bahwa Beliau dikenal juga dengan nama Balarama. Bala yang berarti kuat. Karena Sri Balarama terpaksa keluar dari kandungan ibu Devaki dibawa kedalam kandungan Rohini, Beliau juga dikenal dengan Sankarsana. Sebagai putra ibu Rohini beliau dikenal sebagai Rohini-putra, dan sebagai saudara tua Sri Krishna Beliau di pangil dengan Douji
Sri Balarama menikah dengan Revati

Di jaman Satya Yuga ada seorang raja yang bernama Raja Raivata dan mempunyai seorang putri bernama Revati beliau penuh kemewahan dan sangat sempurna.Tidak ada yang mampu bersanding dengan beliau. Raja membawanya menghadap Dewa Brahma dan mohon petunjuknya. Setelah menunggu beberapa saat ketika Raja bertemu dengan Dewa Brahma, Beliau terkejut menyadari bahwa dalam waktu yang sangat singkat beliau menghabiskan waktunya di Brahmaloka. Jutaan tahun sudah berlalu dibumi dan pada saat yang sama Dvapara Yuga berakhir. Dengan demikian Dewa Brahma menyampaikan bahwa pada saat sekarang ini Tuhan Sri Balarama lah yang paling berkualifikasi untuk menjadi suami dari Revati.

Bentuk dari Tuhan Sri Balarama.

Sri Balarama sangat kuat saat berusia 16 tahun. Beliau penuh dengan kemasyuran dan Beliau berkilau seperti Crystal. Beliau mengenakan pakaian biru dan dihiasi dengan garland dari bunga hutan. Beliau sangat tampan, rambut Beliau lembut gemulai. Telinga Beliau dihiasi dengan anting yang sangat indah, dan leher Beliau dihiasi dengan garland dari bunga dan untaian permata. Lengan Beliau dan kaki padma Beliau sangat menawan hati dihiasi dengan perhiasan-perhiasan Douji yang sangat anggun dan menarik. Lengan Beliau sangat kuat dan kaki padma Beliau dihiasi dengan gelang kaki dari permata yang terbaik.
Sri Balarama sangat menawan dan sangat tampan, di tambah dengan anting-anting yang menyentuh pipiNya. Wajah Beliau dihiasi dengan tilaka, dada Beliau lebar dihiasi dengan garland dari Gunja. Suara Beliau sangat dalam dan lengan Beliau sangat panjang menyentuh pahaNya.
Kemegahan rohani Tuhan Sri Balarama seperti bentuk gerhana jutaan tahun dari kilauan bulan yang baru muncul, keharuman dan kekuatan Beliau mengganggu banyak musuh dan raksasa.Walaupun Beliau mengetahui kekuatan supernatural dari Tuhan Krishna, namun Beliau selalu mencintai dan tidak pernah meningggalkan Sri Krishna sendiri di hutan walaupun sesaat saja. Sri Balarama adalah kesayangan Tuhan Sri Krishna, dan Beliau adalah sumber dari segala nyanyian rohani.

Karunia Sri Balarama

Sri Balarama menunjukkan contoh mengenai bagaimana bersikap dalam pelayanan pada Tuhan Sri Krishna. Beliau muncul sebagai Laksmana, dengan Sri Rama dan selajutnya sebagai Sri NityaNanda prabhu dengan Sri Caitanya Mahaprabhu. Beliau adalah guru kerohanian yang asli, dan siapapun ingin maju dalam kerohanian harus mendapat karunia dari Tuhan Sri Balarama.
Jai Sri Balarama Ki jai………

Tidak ada komentar: