Selasa, 25 Januari 2011

Weda Sang Penyelamat

Weda Sang Penyelamat


sarvasya caham hrdi sannivisto

mattah smrtir jnanam apohanam ca

vedais ca sarvair aham eva vedyo

vedanta-krd veda-vid eva caham

Bhg. 15.15

Aku berdiam dalam hati semua, ingatan dan ilmu pengetahuan, hilangnya ingatan datangnya dari Aku, sesungguhnya Akulah yang harus diketahui oleh semua kitab veda, Akulah pencipta Vedanta dan Aku pula yang mengetahui veda.


Kata Aku disini tentulah Krsna, dan semua pasti tahu bahwa yang bersabda dalam Bhagavad Gita itu adalah Krsna, namun akan terasa agak aneh jika ternyata masih belum banyak yang mengakui dengan tunduk hati bahwa Krsna itu adalah kepribadian Tuhan Yang Maha Esa. Dan masih banyak juga masyarakat hindu yang belajar ataupun mendalami Bhagavad Gita tetapi bukan Krsna sebagai tujuannya, ini barangkali yang perlu diperbaiki.

Padahal tujuan akhir dari sebuah kehidupan adalah mencapai Tuhan, dan untuk mencapai Tuhan maka tidak ada pilihan lain kecuali ada upaya yang sungguh-sungguh untuk mencariNya. Dan untuk mencariNya tentu harus ada tuntunan dari kitab suci, guru kerohanian dan pergaulan dengan para sadu (guru, sadu, sastra).

Tetapi orang yang bodoh dan tidak percaya yang ragu-ragu tentang kitab-kitab suci yang diwahyukan, tidak akan mencapai kesadaran terhadap Tuhan Yang Maha Esa; melainkan mereka jatuh. Tidak ada kebahagian bagi orang yang ragu-ragu, baik di dunia ini maupun dalam penjelmaan yang akan datang (Bhg. 4.40).

Dimana lagi kita bisa menemukan sabda Tuhan setegas dan sejelas itu, lalu pertanyaannya adalah apakah masih ada yang ragu-ragu tentang Krsna?, siapa itu Krsna?, apakah Krsna itu Tuhan? dan sebagainya. Sementara disisi yang lain tidak ada keraguan sedikitpun tentang Bhagavad Gita bahkan mengakui itu adalah kitab suci veda (pancamoveda). Disinilah perlunya kecerdasan dan kearifan dalam bersikap karena Beliau sudah tegas bersabda baik pengetahuan, ingatan maupun hilangnya ingatan bersumber dari Beliau dan dalam sloka yang lain dengan tegas Beliau bersabda akan memberikan kecerdasan yang cukup bagi siapa saja yang sudah rindu untuk melaksanakan bhakti kepada Beliau. dan Krsna juga bersabda Aku hanya bisa didekati dengan cara bhakti oleh orang-orang yang tunduk hati dan tidak iri kepadaKu.

Jika masih ada keraguan maka mendekatlah kepada seorang guru kerohanian dan bertanyalah dengan tunduk hati kepada beliau karena beliau sudah melihat kebenaran itu. Sistim ini sudah berjalan sejak zaman purba dan akan terus ada sepanjang ada kehidupan di planet ini, karena sistim ini dirancang sendiri oleh Sri Krsna. Beliau menurunkan ajaran rahasia ini pertama kali kepada raja planet matahari Vivasvan, kemudian Vivasvan menurunkannya kepada leluhur manusia Manu dan Manu menurunkannya kepada raja pertama masyarakat manusia Ikswaku Maharaj dan seterusnya.

Banyak kitab-kitab weda menjelaskan bahwa Krsna itu adalah kepribadian Tuhan maka dari itu amanat-amanat veda itu perlu disampaikan kepada umat manusia agar manusia menjadi tahu serta sadar akan dirinya dan Tuhan, dan diselamatkan dalam mengarungi perjalanan hidupnya, itulah kesadaran Krsna atau kesadaran Tuhan.

Tuhan sebenarnya mempunyai misi yang suci yaitu menyelamatkan roh-roh yang jatuh seperti kita dan untuk misi itulah melalui Vyasadeva Beliau menurunkan ajaran veda ke dunia material ini untuk dipedomani dan diterapkan dalam kehidupan sebagai jembatan emas menyeberangkan sang roh dari planet material ke planet rohani yang kekal di kerajaan Tuhan. Karena demikian pentingnya veda maka pahamilah veda sesuai sloka diawal, terapkanlah prinsip-prinsip veda dalam setiap langkah kehidupan jangan ragu apalagi malu-malu dan jangan pernah takut mengakui dan meyakini Krsna itu adalah kepribadian Tuhan Yang tertinggi. Dalam kitab-kitab veda banyak dijelaskan tentang Kemaha Kuasaan Krsna seperti dalam Srimad Bhagavatam skanda 4 bab 24 sloka 28 dijelaskan sebagai berikut:

yah param ramhasah sajsat

tri-gunaj jiva-samjnitat

bhagavantam vasudevayam

prapannah sa priyo hi me

Deva Shiva melanjutkan: siapapun yang menyerahkan diri kepada kepribadian Tuhan Yang Tertinggi Krishna (Vasudeva) pengontrol segala sesuatu baik alam material maupun mahkluk hidup dialah sebenarnya sangat terkasih bagiku


Dalam kitab suci veda bagian moksa dharma Krsna bersabda:

prajapatim ca rudram capy

aham eva srjami vai

tam himam navijanito

mama maya vimohitam

Para Leluhur, Shiva dan lain-lainnya diciptakan oleh-Ku. Walaupun mereka tidak mengetahui bahwa mereka diciptakan oleh-Ku. Karena mereka dikhayalkan oleh tenaga-Ku yang menyebabkan khayalan


Dalam Bhagavad Gita 10.8 Krsna bersabda:

aham sarvasya prabhavo

mattah sarvam pravartate

iti matva bhajante mam

buddha bhava-samanvitah

Aku adalah sumber segala dunia rohani dan segala dunia material. Segala sesuatu berasal dari-Ku. Orang bijaksana yang mengetahui kenyataan ini secara sempurna menekuni bhakti kepada-Ku dan menyembah-Ku dengan sepenuh hatinya.
Hanya dengan tiga bukti diatas saja dari banyak sekali penjelasan-penjelasan veda yang menjelaskan tentang Krsna atau Vasudeva dan tak terhitung nama Beliau yang lain mestinya sudah cukup untuk meyakinkan diri kita bahwa Krsna itu adalah Kepribadian Tuhan Yang Tertinggi.

Mudah-mudahan kita semua setiap mendengar kata Krsna setiap mengucapkan kata Krsna mampu menggetarkan rohani kita mampu membangkitkan semangat cintakasih dan bhakti kepadaNya.

Om Namo Bhagavate Vasudeva Ya

Tidak ada komentar: